SEBERAPA PENTINGKAH ENERGI BAGI KEHIDUPAN KITA?


SEBERAPA PENTINGKAH ENERGI BAGI KEHIDUPAN KITA, JAWABNYA ENERGI SANGATLAH PENTING!!!

Kalo ditanya seberapa besar ketergantungan Anda terhadap pemakaian energi baik itu energy minyak atau energy listrik, jawabannya tentu sangat besar. Mengapa saya katakan sangat besar? Karena pada kenyataannya memanglah seperti itu, dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia sangatlah membutuhkan energi, baik itu energi minyak atau energi listrik sangat kita butuhkan, kita akan mengalami kesulitan jika energi tidak lagi berperan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dalam kehidupan sehari-hari mutlak kita membutuhkan energi, sebuah kebohongan besar jika ada seseorang yang bilang bahwa dia tidak memerlukan energi terutama energi  minyak dan listrik dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mungkin kalau pada masa nenek moyang atau pada jaman purbakala, mereka bisa hidup tanpa memerlukan energi minyak energi listrik karena mereka belum mengenal apa itu energi, yang biasa mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari mereka adalah berburu untuk mencari makanan, memasaknya dengan bara api yang mereka ciptakan dari percikan api yang timbul akibat benturan batu yang sengaja mereka buat agar didapatkan dapat memasak dan memakan hasil buruan mereka lalu berkelana kesana kemari untuk mencari tempat tinggal yang dirasa aman untuk mereka tempati. Mereka berkelana kesana kemari berjalan berjam jam berpuluh puluh kilometer hanya dengan menggunakan kedua kaki kokoh mereka, mereka tidak menggunakan alat bantu seperti yang biasa kita gunakan saat ini, cara hidup mereka masih amat sangat tradisional.

Berbeda sekali dengan jaman kita, sekarang di jaman yang semakin modern semuanya serba instan, apapun yang kita mau sudah tersedia dan tidak perlu membutuhkan usaha yang terlalu merepotkan untuk mendapatkan apa yang kita mau. Asal ada uang semua bisa kita dapatkan dengan mudah. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kita amat memerlukan energi dalam kehidupan sehari-hari. 

Banyak orang lebih memilih cara instan untuk memperoleh apa yang mereka inginkan ketimbang harus bersusah payah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kalau kata mereka, kalau sudah ada yang instan kenapa harus cari susah?
Contohnya pada saya dan teman-teman saya yang lain saja, tidak usah jauh-jauh mencari orang lain sebagai contoh. Dalam keseharian saya saja, saya selalu menghabiskan sebagian besar waktu saya dengan cara terus-terusan mengkonsumsi energi listrik yang telah tersedia untuk berbagai macam hal yang saya lakukan. Saya mulai saja dengan aktifitas ketika bangun tidur, hal pertama yang saya lakukan pastilah mengecek hp, menatap jam dinding dan beranjak menuju kamar mandi dengan membiarkan lampu kamar tetap menyala setelah semalaman menyala. Point pertama yang saya anggap sebagai salah satu ketergantungan saya terhadap energi listrik yakni membiarkan lampu kamar menyala semalaman ketika penghuninya tertidur. Selain itu saya sering lupa ketika mengecas handphone ataupun laptop, saya sering meninggalkan charger handphone tetap terpasang pada stop kontak dalam keadaan menyala dan ini merupakan salah satu pemborosan menurut saya, karena jika kita ingin hemat listrik maka seharusnya hal yang perlu kita lakukan adalah kita mulai dari hal yang paling sederhana namun sering kita lupakan yaitu lepas dan matikan stopkontak apabila tidak digunakan.


Ada lagi, saat dirumah setiap hari kalau nonton televisi saya pasti memposisikan badan saya dengan posisi rebahan di depan televisi sambil menyalakan kipas angin sehingga tak jarang justru televisi lah yang menonton saya bukan saya yang menonton televisi. Tidak hanya itu,ketergantungan saya terhadap energi listrik sangatlah besar, dalam satu  hari terkadang saya bisa sampek 2kali mengecas handphone dengan durasi masing-masing satu sampai satu setengah jam tiap kali cas. Selain handphone ada pula laptop yang biasa saja jadikan teman untuk menghilangkan rasa penat yang terkadang kerap mengganggu. Saat mengecas laptop biasanya saya lupa untuk mencbutnya padahal daya sudah terisi penuh, malah terkadang saya sengaja mengecasnya dalam keadaan menyala sambil saya gunakan untuk sekedar nonton film atau main game, itu sekarang, kalau dulu sewaktu sekolah lain lagi ceritanya.

Bukan hanya itu, di jaman modern ini hampir semua hal yang kita lakukan selalu berhubungan dengan energi listrik. Misalnya saja makan, minum, memasak, mandi, berolahraga dan yang lainnya. Mulai dari makan, biasanya untuk mempersingkat dan mengambil ringkasnya saya sering memasak beras menggunakan magicom, memasak beras menggunakan magicom tidaklah repot, tinggal masukkan beras ke dalam magicom tambahkan air secukupnya lalu nyalakan magicom pada posisi masak dan tunggu hingga matang. Minum, sering kali kita minum air yang berasal dari dispenser, kebanyakan menggunakan dispenser dengan alas an supaya lebih praktis.selin minum masak juga kian praktis dengan adanya berbagai perabotan masak serba canggih seperti kompor listrik, oven listrik. Ingin mandi air hangat juga tidak perlu memasak air lalu kita tuang ke bak mandi, karena sekarang ada yang instan, dengan menggunakan listrik semua bisa.

Saya sendiri sangat bergantung pada listrik karena merasa perlu dan sudah terbiasa menggunakan listrik, saat listrik padam bisa dipastikan saya akan kebingugngan karena tidak ada fasilitas televise, tidak bisa mencharge handphon ataupun laptop, dan yang pasti gelap. 

Itulah mengapa saya mengatakan bahwa energi itu sangatlah penting bahkan dijaman yang moderen seperti saat ini kita semua menganggap energi itu sangatlah penting bahkan kita menganggap energi itu sebuah kebutuhan pokok yang sangat ketergantungan kepada kehidupan kita semua,terutama energi listrik..

Nah itulah pentingnya energi bagi kehidupan kita sehari-hari,alangkah baiknya jika kita bisa menggunakan energi itu dengan sebaik-baiknya tanpa adanya pemborosan energi,mulai lah dari diri kita sendiri,matikan listik apabila tidak terpakai agar kita bisa menghemat energi, save energi 

Demikian lah pembahasan kita tantang SEBERAPA PENTINGKAH ENERGI BAGI KEHIDUPAN KITA, JAWABNYA ENERGI SANGATLAH PENTING!!! Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua,,

Download
SEBERAPA PENTINGKAH ENERGI BAGI KEHIDUPAN KITA?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEBERAPA PENTINGKAH ENERGI BAGI KEHIDUPAN KITA?"

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. apabila anda ada pertanyaan, silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini..!!!