TIPS JITU MENEMBUS BEASISWA LUAR NEGERI

Tips Jitu Menembus Beasiswa Luar Negeri

“Carilah ilmu sampai ke negeri cina”. Ini mungkin slogan yang dibuat oleh pemburu ilmu jaman dahulu yang berani berlayar melintasi samudera untuk belajar ke negeri gingseng itu. Saat ini bukan hanya negeri cina saja tempat menuntut ilmu, semua negara maju telah bersedia mengullurkan tangan untuk kita yang tertarik mennuntut ilmu ke negara mereka dan tentunya dengan bantuan pendanaan dari negara tersebut.
Berburu beasiswa ke luar negeri saat ini telah menjadi tren bagi para pemburu ilmu di negeri kita bukan hanya sekedar soal gengsinya, namun juga karena besarnya pundi-pundi dana yang dapat dikumpulkan di salah satu negara maju itu untuk dibawa pulang. Anda perlu tahu bahwa sebenarnya banyak beasiswa kuliah di luar negeri yang tersedia. Banyak universitas dan kolase memberikan beasiswa kepada siswa internasional untuk meringankan biaya kuliah diluar negeri. Jadi, untuk kuliah ke luar negeri sekarang ini tidak hanya bisa dinikmati orang-orang berada saja, asalkan anda punya impian, anda pun pasti bisa mendapatkannya.
Nah,kali ini saya akan berbagi informasi dan tips-tips kepada anda tentang bagaimana caranya memperoleh beasiswa ke luar negeri. Anda dapat melihat, menilai, dan menimbang-nimbang akan sekolah ke negara mana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Dibawah ini ada beberapa tips sederhana yang bisa dijadikan referensi untuk bisa lolos beasiswa ke luar negeri.
  • Update informasi

Yang aharus dilakkan ketika ingin mencari beasiswa adalah informasi mengenai beasiswa yang diinginkan kita bisa mencari dengan googling di internet, menjadi anggota mailing lish beasiswa, koran, kedutaan besar dan sumber- sumber yang lainnya..

  • Persiapan bahasa yang memadai

Kemampuan bahasa asing sangat penting gauna kelancaran studi karena kita akan sekolah di tempat lain dimana bahasa asing digunakan. Kebanyakan program beasiswa dilaksanakan dengan bahasa inggris, sehingga dari kemampuan dasar bahasa inggris dalam surat menyurat, perbincangan, menulis, hingga TOEFL® (Test of English as a Foreign Language) atau IELTS (International Language Testing System) sangatlah penting. Kemahiran bahasa tidak didapat dalam satu atau dua bulan, perlu berbulan-bulan guna persiapannya.

  • Sesuaikan kemampuan dengan pilihan jurusan

Kemampuan merupakan pertimbangan yang penting dalam memilih jurusan di luar negeri. Jangan sampai mengambil jurusan yang tingkat kesulitannya diluar kemampuan anda. Karena beasiswa biasanya memiliki batasan waktu tertentu. Jika tidak lulus seperti yang ditargetkan biasanya harus membayar sendiri waktu di luar waktu yang telah ditentkan tersebut.

  • Persiapkan dokumen

Dokumen kelengkapan merupakan hal yang penting, kerena dokumen itulah yang akan menghantarkan anda pada universitas tujuan. Dokumen yang harus dipersiapkan biasanya Form aplikasi, ijazah, dan transkip nilai, curruculum vitae, surat rekomendasi, motivation letter atau statement of purpose. Usahakan semua dokumen tersebut menggunakan bahasa inggris.


Tips Jitu Menembus Beasiswa Luar NegeriTips Jitu Menembus Beasiswa Luar Negeri

  • Jangan menunda

Luangkan waktu untuk mencari tahu peluang beasiswa bagi mahasiswa. Melakukan di awal waktu akan lebih baik. Jangan lupa, perhatikan pula nilai IPK anda, karena ada beberapa beasiswa yang mensyaratkan ini.

  • Persempit pencarian

Jika anda sudah memilih pilihan akan menentukan studi di negara mana, anda dapat mempersempit mencarian dengan mencari beasiswa yang spesifik memberikan kesempatan bagi kandidat untuk di negara tersebut. 

  • Konsultasi

Konsultasikan keinginan anda untuk berkuliah di luar negeri kepada kantor urusan mahasiswa dikampus anda. Karena hal tersebut akan memudahkan anda ke depannya untuk memudahkan beasiswa.

  • Jangan membatasi pencarian

Carilah beasiswa yang tidak terbatas pada program-program belajar di luar negeri saja. Banyak kesempatan dalam bentuk studi-kerja, beasiswa, dan pembiayaan. Memang akan membutuhkan investigasi.tetapi, dengan sedikit melakukan pencarian lebih keras. Anda akan lebih memperbesar peluang studi ke luar negeri.

  • Bagaimana jika gagal?

Jika semua usaha anda tersebut gagal, cobalah mencari tahu mengenai program bekerja diluar negeri. Bagi mahasiswa yang sudah lulus atau belum lulus, biasanya banyak informasi mengenai hal ini. Program ini bisa menghubungkan anda dengan organisasi yang memberikan kesempatan pendidikan dengan mensyaratkan anda untuk mengajarkan bahasa inggris si suatu negara. Mendapatkan kesempatan studi di luar negeri memang menjadi cara umum bagi mahasiswa untuk bepergian ke luar negeri. Tetapi, itu bukan satu-satunya jalan. Pilihan yang terbaik bagi anda dan situasi keuangan anda.


  • Berdoa dan tawakal

Setelah anda melakukan usaha yang tidak kalah pentingnya adalah berdoa. Mudah-mudahan Allah mengabulkan apa yang menjadi harapan anda.

Itulah Tips Jitu Menembus Beasiswa Luar Negeri yang dapat saya bagikan kepada anda semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,dan semoga apa yang telah kita lakukan dapat berbuah manis, dan kita harus selalu optimis,karena optimis pangkal keberhasilan,.setiap langkah tidak berarti jika kita tidak optimis. Sebuah pemikiran tidak akan terlaksana tanpa diiringi rasa optimis. Optimis menjadikan manusia mampu menggapai masa depan. Optimis adalah bahan bakar manusia untuk maju. Jadikan sikap optimis bersemayam dalam hati.tidak ada yang tidak mungkin bagi anda yang berjiwa optimis.

Download
TIPS JITU MENEMBUS BEASISWA LUAR NEGERI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS JITU MENEMBUS BEASISWA LUAR NEGERI"

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. apabila anda ada pertanyaan, silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini..!!!